LAPORAN PRAKTIKUM
PEMROGRAMAN KOMPUTER
MENGENAL DAN MENGGUNAKAN EVENT DAN PROPERTY DALAM VISUAL BASIC 6.0
Oleh :
Putri Rieski Imanda
NIM A1H010043
KEMENTERIAN PENDIDIKAN
NASIONAL
UNIVERSITAS JENDERAL
SOEDIRMAN
FAKULTAS PERTANIAN
PURWOKERTO
2011
I.
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Visual Basic adalah salah
satu bahasa pemrograman komputer. Bahasa pemrograman adalah perintah-perintah
yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Bahasa
pemrograman Visual Basic, yang dikembangkan oleh Microsoft sejak tahun 1991,
merupakan pengembangan dari pendahulunya yaitu bahasa pemrograman BASIC (Beginner’s
All-purpose Symbolic Instruction Code) yang dikembangkan pada era 1950-an.
Visual Basic merupakan salah satu Development Tool yaitu alat bantu
untuk membuat berbagai macam program komputer, khususnya yang menggunakan
sistem operasi Windows. Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman
computer yang mendukung object (Object Oriented Programming = OOP)
(Octovhiana, 2003).
Dalam pemograman berbasis obyek (OOP), perlu dipahami istilah object,
property, method, dan event. Object merupakan komponen di dalam sebuah program.
Setiap komponen di dalam pemrograman Visual Basic dapat diatur propertinya
sesuai dengan kebutuhan aplikasi. Jalannya program dapat diatur menggunakan
metode pemrograman yang diatur sebagai aksi dari setiap komponen. Setiap
komponen dapat beraksi melalui event. Pengaturan event dalam setiap komponen
yang akan menjalankan semua metode yang dibuat.
Form adalah Object Visual Basic pertama yang harus kita kenali. Hal ini
disebabkan karena hampir semua aplikasi Visual Basic menggunakan satu Form atau
lebih. Control adalah object VB yang dapat di letakan dalam Form.
Form dan object-object dalam VB dapat kita analogikan dengan manusia, di
mana setiap manusia memiliki ciri khas tertentu, misalnya seperti tinggi badan,
gemuk kurus dan sebagainya maka object dalam VB juga memiliki karakteristik
yang di kenal dengan nama Properties. Jika manusia bisa melakukan
tindakan-tindakan seperti menghapus, berjalan dan sebagainya maka object juga
memiliki tindakan yang di sebut dengan methods seperti Move, PaintPicture, CLS,
Print. Manusia dapat bereaksi terhadap suatu event tertentu maka object juga
dapat, hal ini di kenal dengan nama Event, misalnya saat Mouse diklik, keyboard
di tekan dan lain sebagainya.
Setiap Object dalam VB memiliki banyak sekali properties dan event, tetapi biasanya properties itu
juga dimiliki oleh object lain sehingga jika kita sudah menguasai salah satu
object, untuk mempelajari object lain akan menjadi lebih mudah. Oleh karena itu, untuk dapat mengenal dan
menggunakan event dan property dalam Visual Basic 6.0, maka diperlukan
praktikum ini.
B. Tujuan
Praktikum kali ini bertujuan agar mahasiswa :
1.
Memahami event dan
property dalam visual basic 6.0.
2.
Mengenal lingkungan kerja dan object dalam visual basic 6.0.
II.
TINJAUAN
PUSTAKA
Program adalah kata,
ekspresi, pernyataan atau kombinasinya yang disusun dan dirangkai menjadi satu
kesatuan prosedur yang berupa urutan langkah untuk menyelesaikan masalah yang
diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman sehingga dapat
dieksekusi oleh komputer. Bahasa pemrograman merupakan prosedur/tata cara
penulisan program. Pada bahasa pemrograman terdapat dua faktor penting, yaitu syntax dan semantic. Syntax adalah aturan-aturan gramatikal yang mengatur tata
cara penulisan kata, ekspresi dan pernyataan, sedangkan semantic adalah
aturan-aturan untuk menyatakan suatu arti. Pemrograman merupakan proses
mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dengan
menggunakan suatu bahasa pemrograman (Sutedjo dan Michael, 1997).
Bahasa Basic pada dasarnya
adalah bahasa yang mudah dimengerti sehingga pemrograman di dalam bahasa Basic
dapat dengan mudah dilakukan meskipun oleh orang yang baru belajar membuat
program. Hal ini lebih mudah lagi setelah hadirnya Microsoft Visual Basic, yang
dibangun dari ide untuk membuat bahasa yang sederhana dan mudah dalam pembuatan
scriptnya (simple scripting language) untuk graphic user interface yang dikembangkan dalam sistem operasi
Microsoft Windows.
Visual Basic merupakan
bahasa pemrograman yang sangat mudah dipelajari, dengan teknik pemrograman
visual yang memungkinkan penggunanya untuk berkreasi lebih baik dalam menghasilkan
suatu program aplikasi. Ini terlihat dari dasar pembuatan dalam visual basic
adalah form, dimana pengguna dapat mengatur tampilan form kemudian dijalankan
dalam script yang sangat mudah
(Setyadi, 2010).
Dalam pemrograman berbasis
obyek (OOP), perlu dipahami istilah object,
property, method dan event. Object
merupakan komponen di dalam sebuah program. Property adalah
karakteristik yang dimiliki object. Method
merupakan aksi yang dapat dilakukan oleh object. Event adalah kejadian yang dapat dialami oleh object.
Implementasinya dalam sebuah aplikasi misalnya
anda membuat form, maka form tersebut memiliki property, method, dan event. Sebagaimana pemrograman visual lain
seperti Delphi dan Java, VB juga bersifat event
driven progamming. Artinya anda dapat menyisipkan kode program pada event
yang dimiliki suatu obyek (Octovhiana, 2003).
Properties window adalah jendela untuk melihat dan mengubah
properti yang dimiliki sebuah objek. Ada dua pilihan tampilan properties window, yaitu Alphabetic (urut berdasarkan abjad) dan Categorized (urut berdasarkan kelompok)
(Ramadhan, 2004).
Pemahaman dasar visual basic bisa dimulai dari
pengenalan terhadap objek, properties, event, dan methode. Objek dapat
diartikan kepada sebuah benda dalam hal ini anggap saja objek adalah textbox,
label dan commandbutton. Properties
adalah sesuatu yang dipunyai oleh objek. Misalnya textbox mempunyai property
nama atau property text. Event adalah suatu kejadian terhadap objek pada saat
tertentu. Misal objek command button dapat menerima event klik pada saat
pemakai software mengkliknya. Method adalah sesuatu yang dapat dilakukan oleh
objek. Misal objek combo dapat menambahkan Item nama-nama hari pada dirinya
dengan method AddItem , contoh: combo1.AddItem “Senin” ( Hartoto, 2010).
Property pada tampilan antar muka Visual Basic terletak di sebelah kanan, seperti
gambar 1 berikut:
Gambar 1. Tampilan property
Setiap Object dalam Visual
Basic 6.0 memiliki banyak sekali properties dan event. Berikut ini adalah properties dan event standard yang ada hampir di setiap object dalam Visual Basic 6.0.
1. Properties
a.
Properties
ForeColor dan BackColor
Properties ForeColor dan BackColor
mempengaruhi warna dari tulisan dan background dari sebuah object.
b.
Properties
Font
Properties Font biasanya dimiliki oleh
object-object yang dapat menampilkan string. Properties Font terdiri
dari properties Name, Size, Bold, Italic, Underline dan
Strikethrough.
c.
Properties
Caption dan Text
Caption adalah properties yang biasanya terdapat
dalam suatu object yang memiliki nilai string yang tidak dapat di edit ataupun
di blok oleh user. Text adalah properties yang biasanya terdapat pada
suatu object yang dapat di tulisi string oleh user atau user dapat memblok
nilai string tersebut.
d.
Properties
Parents dan Container
Properties Parents
adalah properties yang hanya terdapat pada keadaan Run Time, yaitu pada saat
program di jalankan. Properties Container juga merupakan properties Run Time
Only. Ia memberitahukan pada Container bahwa control tersebut berada Container
itu.
e.
Properties
Enabled dan Visible
Semua control dalam VB secara default memiliki
properties True untuk Enabled dan Visible. Tetapi, karena beberapa alasan
kadang-kadang kita ingin hanya menampilkan suatu object tanpa bisa di gunakan
oleh user, atau kita juga ingin menggunakan suatu object tanpa
memperlihatkannya kepada user.
Properties Enabled = false dapat digunakan untuk
membuat control tersebut bebas dari pengaruh user, tetapi control tersebut
tetap dapat di pengaruhi oleh program melalui proses pengkodean. Properti
Visible = false dapat di gunakan untuk menyembunyikan sebuah control sehingga
tidak terlihat oleh user.
f.
Properties
hWnd
Properties hWnd termasuk properties yang bersifat Run
Time Only. Selain itu ia juga merupakan Read Only Properties yang hanya bisa di
baca dan tidak bisa di tulis. hWnd memberikan nilai integer 32 bit yang di
berikan windows untuk mengindentifikasi suatu control.
h. Properties MousePointer
dan MouseIcon
Properties MousePointer digunakan untuk
menentukan jenis mouse yang akan digunakan sedangkan properties MouseIcon
digunakan untuk me-load Mouse Icon yang tidak terdapat dalam Visual Basic 6.0.
i.
Properties
Tag
Semua konrol memiliki Properties tag ini, karena
properties ini berasal dari VB sehingga bahkan control ActiveX pun
memilikinya. Properties yang berasal dari VB selain Tag adalah Index,
Visible, TabStop, TabIndex, ToolTipText, HelpContextID,
dan WhatsThisHelpID.
j.
Properties
Lainnya
Properties Value biasanya di gunakan untuk
menyimpan nilai dari suatu control. Misalnya checkbox, CommandButton,
OptionButton dan scrollbar.
Properties Index digunakan untuk memberikan
petunjuk no array bagi sebuah control. Jika sebuah control bukan array maka
nilai index-nya adalah kosong.
Properties BorderStyle menentukan apakah sebuah
control menggunakan Border atau tidak.
Properties ToolTips digunakan untuk mengisi
kotak kuning kecil yang berisi petunjuk yang akan ditampilkan jika kita
menunjuk sebuah control dengan pointer mouse selama waktu tertentu.
2. Event
Event dalam Visual Basic adalah
suatu kejadian yang dapat mengakibatkan dijalankannya perintah-perintah
program. Event digunakan sebagai tempat menuliskan kode-kode pemrograman.
a.
Event
Click dan DoubleClick
Event click terjadi pada saat user mengklik suatu
control, dan doubleClick terjadi saat user melakukan doubleClick. Event Click
juga terjadi jika kita merubah nilai Value dari optionBox atau checkbox melalui
kode pemrograman.
b.
Event
Change
Event Change terjadi pada saat user merubah nilsi
Properties tertentu (umumnya properties Text) dari suatu Control Baik dengan di
ketik maupun dengan kode. Event ini dimiliki oleh TextBox, ComboBox,
DriveListBox, DirListBox dan PictureBox.
c.
Event
GotFocus dan LostFocus
Event GotFocus terjadi pada saat sebuah control
mendapatkan focus dari user (diklik misalnya). Sedangkan LostFocus terjadi pada
saat user memberikan focus kepada control lainnya.
d.
Event
KeyDown, KeyPress dan KeyUp
Event-event ini terjadi saat user menekan tombol
keyboard dan lalu melepaskannya. Urutan Event ini adalah KeyDown yaitu saat
user menekan tombol keyboard, setelah itu KeyPress yaitu pada saat Program
menerjemahkan nilai tombol keyboard yang di tekan dengan kode ANSI, lalu
terakhir adalah keyUp yaitu saat user melepaskan tombol KeyBoard.
Event KeyDown dan KeyUp memiliki dua buah Parameter
yaitu keyCode dan Shift. KeyCode digunakan untuk memberikan nilai tombol yang
ditekan, sedangkan shift menunjukan keadaan tombol Ctrl, Shift dan alt.
III.
METODOLOGI
A. Alat dan Bahan
Alat dan bahan
yang digunakan dalam praktikum ini adalah :
1. Laptop/komputer
2. Aplikasi
Visual Basic 6.0
B. Prosedur Kerja
Langkah-langkah yang dilakukan dalam praktikum ini adalah :
1. Membuka aplikasi Microsoft Visual Basic
6.0.
2. Membuat user interfance (UI) pada jendela form menggunakan komponen
ListBox, ComboBox, dan CommandButton dengan tampilan seperti ini :
Gambar 2. Tampilan user interface
3.
Mengatur property
dari masing-masing object dengan
rincian sebagai berikut :
Object
|
Property
|
Value
|
Form1
|
Caption
StartUpPosition
|
Method Test
2 - CenterScreen
|
List1
|
-
|
-
|
Combo1
|
-
|
-
|
Command1
|
Caption
|
Add
|
Command2
|
Caption
|
Delete
|
Command3
|
Caption
|
Clear
|
4.
Menulis kode program pada bagian Code Editor sebagai
berikut :
Private Sub Form_Load()
Combo1.AddItem
"Umar"
Combo1.AddItem
"Salman"
Combo1.AddItem
"Halimah"
Combo1.AddItem
"Shafira"
End Sub
Private Sub Command1_Click()
List1.AddItem
Combo1.Text
End Sub
Private Sub Command2_Click()
List1.RemoveItem
List1.ListIndex
End Sub
Private Sub Command3_Click()
List1.Clear
End Sub
5.
Menjalankan program sebagai berikut :
·
Untuk menambah isi ListBox : pilih “Umar” di
dalam ComboBox kemudian klik tombol Add. Mengulangi nama-nama yang lain secara
acak.
·
Untuk menghapus salah satu isi ListBox : pilih
“Shafira” di dalam ListBox kemudian klik tombol Delete.
·
Untuk menghapus semua isi ListBox : klik tombol
Clear.
IV.
HASIL
DAN PEMBAHASAN
A. Hasil
Gambar
3. Add item
Gambar
4. Remove item
Gambar
5. Clear item
Gambar
6. Command Box
B.
Pembahasan
Dalam membuat program Visual Basic, menggambar tampilan merupakan suatu
hal yang perlu untuk diketahui. Untuk dapat menggambar tampilan diperlukan pengetahuan
tentang penggunaan komponen-komponen. Setiap
komponen yang ada pada Visual Basic memiliki property.
Property adalah sifat dari sebuah komponen. Property untuk setiap
komponen akan berbeda dengan komponen jenis lainnya.
Walaupun ada beberapa property yang sama. Tidak semua property akan digunakan,
hanya property yang dibutuhkan saja. Cara untuk merubah property sebuah
komponen adalah dengan memilih komponen yang akan dirubah pada
form, kemudian pilih property yang akan dirubah pada window property dan
kemudian merubah isi dari
property tersebut. Cara kedua untuk merubah property adalah dengan menggunakan
perintah Visual Basic, pada bagian windows Code.
Caranya pilih event tempat program, kemudian tuliskan nama objek (komponen)
diikuti ".", dan nama propertinya.
Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang bersifat event-driven.
Maksudnya perintah (statement program) akan dijalankan sesuai dengan event yang
terjadi. Setiap komponen
memiliki event yang jumlahnya tidak sedikit, dan mungkin berbeda-beda.
Pada praktikum kali ini,
komponen yang digunakan adalah Label, Text Box, dan Command Button. Untuk
memasukkan komponen, (atau lebih tepatnya menggambar form dengan komponen)
dapat dilakukan dengan 2 cara : klik dua kali pada komponen di windows toolbox, atau dengan satu klik kemudian menggambar
pada form. Tampilan User yang
diperoleh adalah sebagai berikut ini:
Pengaturan property
setiap objectnya adalah sebagai berikut :
Object
|
Properties
|
Value
|
Form2
|
Caption StartUpPosition
|
Method Test 2 – CenterScreen
|
List1
|
-
|
-
|
Combo1
|
-
|
-
|
Command1
|
Caption
|
Add
|
Command2
|
Caption
|
Delete
|
Command3
|
Caption
|
Clear
|
Kode program yang digunakan
dalam praktikum kali ini adalah sebagai berikut :
Private Sub Form_Load()
Combo1.AddItem “Umar”
Combo1.AddItem “Salman”
Combo1.AddItem “Halimah”
Combo1.AddItem “Shafira”
End Sub
Private Sub
Command1_Click()
List1.AddItem Combo1.Text
End Sub
Private Sub
Command2_Click()
List1.RemoveItem List1.ListIndex
End Sub
Private Sub
Command3_Click()
List1.Clear
End Sub
Kode-kode program tersebut memiliki arti dan
fungsi tertentu, yang diantaranya adalah sebagai berikut ini :
1. Private
Sub Form_Load()
Artinya, pada saat Command1 di klik,
maka kode program yang ada di Command1 akan dikerjakan.
2. Combo1.AddItem
“Umar”
Artinya, “Umar” adalah argument sebagai
isi yang akan ditambahkan ke dalam
object Combo1.
3. Combo1.AddItem
“Salman”
Artinya, “Salman” adalah argument sebagai isi yang
akan ditambahkan
ke dalam object Combo1.
ke dalam object Combo1.
4. Combo1.AddItem
“Halimah”
Artinya, “Halimah” adalah argument sebagai isi yang
akan ditambahkan ke dalam object
Combo1.
5. Combo1.AddItem
“Shafira”
Artinya,
“Shafira” adalah
argument sebagai isi yang akan ditambahkan
ke dalam object Combo1.
ke dalam object Combo1.
6. End
Sub
Artinya,
menutup program
7. Private
Sub Command1_Click()
Arrtinya,
pengguna (user) mengklik tombol Add (object command1)
8. List1.AddItem
Combo1.Text
Artinya, property
text dari object Combo1 adalah argument
sebagai isi yang akan ditambahkan ke dalam object List1 sesuai object Combo1 yang sudah dipilih.
sebagai isi yang akan ditambahkan ke dalam object List1 sesuai object Combo1 yang sudah dipilih.
9. End
Sub
Artinya,
mengakhiri program.
10. Private
Sub Command2_Click()
Artinya,
pengguna (user) mengklik tombol delete (object Command2).
11. List1.RemoveItem
List1.ListIndex
Artinya, property
ListIndex dari object List1 adalah argument
sebagai nomor index isi yang akan dihapus.
Clear – method ini akan menghapus semua isi (tidak membutuhkan argument).
sebagai nomor index isi yang akan dihapus.
Clear – method ini akan menghapus semua isi (tidak membutuhkan argument).
12. End
Sub
Artinya, mengakhiri program.
13. Private
Sub Command3_Click()
Artinya,
pengguna (user) mengklik tombol clear (Object Command3).
14. List1.Clear
Artinya, isi
object List1 akan dihapus.
15. End
Sub
Artinya,
mengakhiri program.
Jadi dapat dijelaskan bahwa maksud dari kode
program yang digunakan dalam praktikum ini adalah :
Private Sub Form_Load()
Combo1.AddItem "Umar"
Combo1.AddItem "Salman"
Combo1.AddItem "Halimah"
Combo1.AddItem "Shafira"
End Sub
Maksud dari kode
program di atas adalah pada Combo1
terdapat item-item Umar, Salman, Halimah, dan Shafira seperti yang terlihat
pada gambar 7.
Gambar 7. Combo1
Kode program
yang terdapat pada Command1 adalah sebagai berikut :
Private Sub Command1_Click()
List1.AddItem Combo1.Text
End Sub
Maksud dari kode
program di atas adalah item tertentu
dari Combo1 akan muncul pada List1 jika tombol Command1 (ADD) diklik. Misalkan
dipilih Umar pada Combo1, maka pada List1 juga akan muncul kata Umar jika tombol ADD (Command1) diklik. Kode
program ini dijelaskan pada gambar 7 dan 8.
Gambar 8. Memilih
salah satu item pada Combo1
Gambar 9. Item pada Combo1 muncul
pada List1 setelah tombol Add (Command1) diklik
Kode program
List1.RemoveItem List1.ListIndex adalah kode program yang apabila dijalankan
salah satu item yang dipilih pada List1 akan teremove (terhapus). Misalkan dipilih kata shafira, kemudian klik
tombol DELETE maka kata Shafira akan terhapus dari List1. Kode program ini
dijelaskan pada gambar 9 dan 10.
Gambar 10. Memilih item yang akan
dihapus
Gambar 11. Nama Shafira terhapus
dari ListBox
Maksud dari kode program
List1.Clear adalah apabila kode program ini dijalankan maka seluruh isi dari
List1 akan terhapus. Misalkan terdapat kata Umar, Slaman, dan Halimah. Semua
kata tersebut akan hilang saat tombol CLEAR diklik. Kode program ini dijelaskan
pada gambar 11 dan 12.
Gambar 12. List1 memiliki 3 item
Gambar 13. Semua item terhapus saat
tombol CLEAR (Command3) diklik
Pada
tombol Add pada Command1, agar operasi
tidak single click, tetapi double click maka yang dilakukan adalah mengganti kode program menjadi seperti berikut ini :
Private Sub Command1_Click()
List1.AddItem Combo1.Text
End Sub
Diganti menjadi :
Private Sub Command1_DblClick()
List1.AddItem Combo1.Text
End Sub
Seperti
gambar dibawah ini
Kode program tersebut membuat tombol command dapat melaksanakan perintah
bila kita mengkliknya dua kali.
Dengan
memasukkan kode program diatas, maka diperoleh hasil seperti berikut ini :
V.
SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan
Adapun simpulan praktikum kali ini adalah :
1.
Kode program
Combo1.AddItem "Umar"
Combo1.AddItem
"Salman"
Combo1.AddItem
"Halimah"
Mempunyai maksud bahwa item yang terdapat pada Combo1 adalah kata Umar,
Salman, Halimah, dan Shafira.
2. Kode program List1.Additem Combo1.Text mempunyai
maksud List1 akan ditambah item yang terdapat pada Combo1.
3. Kode program List1.Removeitem
List1.Listindex mempunyai maksud bahwa suatu item yang dipilih pada List1 akan
terhapus.
4. Kode program List1.Clear mempunyai maksud
isi dari List1 akan terhapus semua.
5. Agar operasi kode program menjadi double
click maka harus merubah event dan propertinya.
6. Event dan properti dapat digunakan untuk
bermacam-macam aplikasi.
B. Saran
1. Peralatan
praktikum yang tersedia sebaiknya lebih banyak lagi, sehingga kegiatan praktikum
dapat dilakukan oleh semua praktikan.
2. Pengkondisian
dari asisten kepada praktikan ditingkatkan agar praktikum selesai tepat pada waktunya.
DAFTAR PUSTAKA
Hartoto.
2010. Dasar Pemahaman VB 6. http://www.ripiu.com/article/read/dasar-pemahaman-vb6 (diakses 12 Oktober 2011).
Octovhiana, K.D. 2003. Cepat Mahir Visual Basic 6. http://ilmukomputer.org/2008/11/25/cepat-mahir-visual-basic-6/ (diakses 12 Oktober 2011).
Ramadhan, Arief. 2004. Seri Penuntun Praktis Microsoft Visual Basic
6.0. PT Elex Media Komputindo : Jakarta.
Setyadi. 2008. Mengenal Visual Basic. http://oke.or.id.
Supardi, Y. 2006. Microsoft Visual Basic 6.0 untuk Segala
Tingkat. PT Elex Media Komputindo : Jakarta.
Sutedjo,
B dan AN, Michael. 1997. Algoritma & Teknik Pemrograman. Andi
: Yogyakarta.
Tim Penyusun. 2011. Panduan
Praktikum Pemrograman Komputer. Program
Studi Teknik Pertanian Jurusan Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian Unsoed :
Purwokerto.
gambarnya gk terlihat
BalasHapusartikelnya baik
BalasHapushttp://blog.binadarma.ac.id/ariezaki/
Cukup baik
BalasHapuscara buat surat masuk dan keluar gmana ya?? Aku kesusahan nihh ngerjain pemrogamannyya. Tolong pencerahannya dong . Sourch code nya gmna juga? paling gampan buat program surat masuk sm keluar dari aplikasi apaan???
BalasHapus