Loading...

10.19.2011

contoh laporan praktikum pemrograman komputer


LAPORAN PRAKTIKUM
PEMROGRAMAN KOMPUTER
MENGENAL DAN MENGGUNAKAN EVENT DAN PROPERTY DALAM VISUAL BASIC 6.0


logo unsoed











Oleh :
Putri Rieski Imanda
NIM A1H010043





KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
FAKULTAS PERTANIAN
PURWOKERTO
2011

I.       PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Visual Basic adalah salah satu bahasa pemrograman komputer. Bahasa pemrograman adalah perintah-perintah yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Bahasa pemrograman Visual Basic, yang dikembangkan oleh Microsoft sejak tahun 1991, merupakan pengembangan dari pendahulunya yaitu bahasa pemrograman BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code) yang dikembangkan pada era 1950-an. Visual Basic merupakan salah satu Development Tool yaitu alat bantu untuk membuat berbagai macam program komputer, khususnya yang menggunakan sistem operasi Windows. Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman computer yang mendukung object (Object Oriented Programming = OOP) (Octovhiana, 2003).
Dalam pemograman berbasis obyek (OOP), perlu dipahami istilah object, property, method, dan event. Object merupakan komponen di dalam sebuah program. Setiap komponen di dalam pemrograman Visual Basic dapat diatur propertinya sesuai dengan kebutuhan aplikasi. Jalannya program dapat diatur menggunakan metode pemrograman yang diatur sebagai aksi dari setiap komponen. Setiap komponen dapat beraksi melalui event. Pengaturan event dalam setiap komponen yang akan menjalankan semua metode yang dibuat.
Form adalah Object Visual Basic pertama yang harus kita kenali. Hal ini disebabkan karena hampir semua aplikasi Visual Basic menggunakan satu Form atau lebih. Control adalah object VB yang dapat di letakan dalam Form.
Form dan object-object dalam VB dapat kita analogikan dengan manusia, di mana setiap manusia memiliki ciri khas tertentu, misalnya seperti tinggi badan, gemuk kurus dan sebagainya maka object dalam VB juga memiliki karakteristik yang di kenal dengan nama Properties. Jika manusia bisa melakukan tindakan-tindakan seperti menghapus, berjalan dan sebagainya maka object juga memiliki tindakan yang di sebut dengan methods seperti Move, PaintPicture, CLS, Print. Manusia dapat bereaksi terhadap suatu event tertentu maka object juga dapat, hal ini di kenal dengan nama Event, misalnya saat Mouse diklik, keyboard di tekan dan lain sebagainya.
Setiap Object dalam VB memiliki banyak sekali properties dan event, tetapi biasanya properties itu juga dimiliki oleh object lain sehingga jika kita sudah menguasai salah satu object, untuk mempelajari object lain akan menjadi lebih mudah. Oleh karena itu, untuk dapat mengenal dan menggunakan event dan property dalam Visual Basic 6.0, maka diperlukan praktikum ini.



B.     Tujuan
Praktikum kali ini bertujuan agar mahasiswa :
1.      Memahami event dan property dalam visual basic 6.0.
2.      Mengenal lingkungan kerja dan object dalam visual basic 6.0.






II.    TINJAUAN PUSTAKA
Program adalah kata, ekspresi, pernyataan atau kombinasinya yang disusun dan dirangkai menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa urutan langkah untuk menyelesaikan masalah yang diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman sehingga dapat dieksekusi oleh komputer. Bahasa pemrograman merupakan prosedur/tata cara penulisan program. Pada bahasa pemrograman terdapat dua faktor penting, yaitu syntax dan semantic. Syntax adalah aturan-aturan gramatikal yang mengatur tata cara penulisan kata, ekspresi dan pernyataan, sedangkan semantic adalah aturan-aturan untuk menyatakan suatu arti. Pemrograman merupakan proses mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman (Sutedjo dan Michael, 1997).
 Bahasa Basic pada dasarnya adalah bahasa yang mudah dimengerti sehingga pemrograman di dalam bahasa Basic dapat dengan mudah dilakukan meskipun oleh orang yang baru belajar membuat program. Hal ini lebih mudah lagi setelah hadirnya Microsoft Visual Basic, yang dibangun dari ide untuk membuat bahasa yang sederhana dan mudah dalam pembuatan scriptnya (simple scripting language) untuk graphic user interface yang dikembangkan dalam sistem operasi Microsoft Windows.
Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang sangat mudah dipelajari, dengan teknik pemrograman visual yang memungkinkan penggunanya untuk berkreasi lebih baik dalam menghasilkan suatu program aplikasi. Ini terlihat dari dasar pembuatan dalam visual basic adalah form, dimana pengguna dapat mengatur tampilan form kemudian dijalankan dalam script yang sangat mudah (Setyadi, 2010).
Dalam pemrograman berbasis obyek (OOP), perlu dipahami istilah object, property, method dan event. Object merupakan komponen di dalam sebuah program. Property adalah karakteristik yang dimiliki object. Method merupakan aksi yang dapat dilakukan oleh object. Event adalah kejadian yang dapat dialami oleh object.
Implementasinya dalam sebuah aplikasi misalnya anda membuat form, maka form tersebut memiliki property, method, dan event. Sebagaimana pemrograman visual lain seperti Delphi dan Java, VB juga bersifat event driven progamming. Artinya anda dapat menyisipkan kode program pada event yang dimiliki suatu obyek (Octovhiana, 2003).
Properties window adalah jendela untuk melihat dan mengubah properti yang dimiliki sebuah objek. Ada dua pilihan tampilan properties window, yaitu Alphabetic (urut berdasarkan abjad) dan Categorized (urut berdasarkan kelompok) (Ramadhan, 2004).
Pemahaman dasar visual basic bisa dimulai dari pengenalan terhadap objek, properties, event, dan methode. Objek dapat diartikan kepada sebuah benda dalam hal ini anggap saja objek adalah textbox, label dan commandbutton.  Properties adalah sesuatu yang dipunyai oleh objek. Misalnya textbox mempunyai property nama atau property text. Event adalah suatu kejadian terhadap objek pada saat tertentu. Misal objek command button dapat menerima event klik pada saat pemakai software mengkliknya. Method adalah sesuatu yang dapat dilakukan oleh objek. Misal objek combo dapat menambahkan Item nama-nama hari pada dirinya dengan method AddItem , contoh: combo1.AddItem “Senin” ( Hartoto, 2010).
Property pada tampilan antar muka Visual Basic terletak di sebelah kanan, seperti gambar 1 berikut:











Gambar 1. Tampilan property
Setiap Object dalam Visual Basic 6.0 memiliki banyak sekali properties dan event. Berikut ini adalah properties dan event standard yang ada hampir di setiap object dalam Visual Basic 6.0.
1.    Properties
a.         Properties ForeColor dan BackColor
 Properties ForeColor dan BackColor mempengaruhi warna dari tulisan dan background dari sebuah object.
b.        Properties Font
Properties Font biasanya dimiliki oleh object-object yang dapat menampilkan string. Properties Font terdiri dari properties Name, Size, Bold, Italic, Underline dan Strikethrough.
c.         Properties Caption dan Text
Caption adalah properties yang biasanya terdapat dalam suatu object yang memiliki nilai string yang tidak dapat di edit ataupun di blok oleh user. Text adalah properties yang biasanya terdapat pada suatu object yang dapat di tulisi string oleh user atau user dapat memblok nilai string tersebut.

d.        Properties Parents dan Container
         Properties Parents adalah properties yang hanya terdapat pada keadaan Run Time, yaitu pada saat program di jalankan. Properties Container juga merupakan properties Run Time Only. Ia memberitahukan pada Container bahwa control tersebut berada Container itu.
e.         Properties Enabled dan Visible
Semua control dalam VB secara default memiliki properties True untuk Enabled dan Visible. Tetapi, karena beberapa alasan kadang-kadang kita ingin hanya menampilkan suatu object tanpa bisa di gunakan oleh user, atau kita juga ingin menggunakan suatu object tanpa memperlihatkannya kepada user.
Properties Enabled = false dapat digunakan untuk membuat control tersebut bebas dari pengaruh user, tetapi control tersebut tetap dapat di pengaruhi oleh program melalui proses pengkodean. Properti Visible = false dapat di gunakan untuk menyembunyikan sebuah control sehingga tidak terlihat oleh user.
f.          Properties hWnd
Properties hWnd termasuk properties yang bersifat Run Time Only. Selain itu ia juga merupakan Read Only Properties yang hanya bisa di baca dan tidak bisa di tulis. hWnd memberikan nilai integer 32 bit yang di berikan windows untuk mengindentifikasi suatu control.
      h.    Properties MousePointer dan MouseIcon
Properties MousePointer digunakan untuk menentukan jenis mouse yang akan digunakan sedangkan properties MouseIcon digunakan untuk me-load Mouse Icon yang tidak terdapat dalam Visual Basic 6.0.
i.        Properties Tag
Semua konrol memiliki Properties tag ini, karena properties ini berasal dari VB sehingga bahkan control ActiveX pun memilikinya. Properties yang berasal dari VB selain Tag adalah Index, Visible, TabStop, TabIndex, ToolTipText, HelpContextID, dan WhatsThisHelpID.
j.        Properties Lainnya
Properties Value biasanya di gunakan untuk menyimpan nilai dari suatu control. Misalnya checkbox, CommandButton, OptionButton dan scrollbar.
Properties Index digunakan untuk memberikan petunjuk no array bagi sebuah control. Jika sebuah control bukan array maka nilai index-nya adalah kosong.
Properties BorderStyle menentukan apakah sebuah control menggunakan Border atau tidak.
Properties ToolTips digunakan untuk mengisi kotak kuning kecil yang berisi petunjuk yang akan ditampilkan jika kita menunjuk sebuah control dengan pointer mouse selama waktu tertentu.


     2.    Event
Event dalam Visual Basic adalah suatu kejadian yang dapat mengakibatkan dijalankannya perintah-perintah program. Event digunakan sebagai tempat menuliskan kode-kode pemrograman.
a.         Event Click dan DoubleClick
Event click terjadi pada saat user mengklik suatu control, dan doubleClick terjadi saat user melakukan doubleClick. Event Click juga terjadi jika kita merubah nilai Value dari optionBox atau checkbox melalui kode pemrograman.
b.        Event Change
Event Change terjadi pada saat user merubah nilsi Properties tertentu (umumnya properties Text) dari suatu Control Baik dengan di ketik maupun dengan kode. Event ini dimiliki oleh TextBox, ComboBox, DriveListBox, DirListBox dan PictureBox.
c.         Event GotFocus dan LostFocus
Event GotFocus terjadi pada saat sebuah control mendapatkan focus dari user (diklik misalnya). Sedangkan LostFocus terjadi pada saat user memberikan focus kepada control lainnya.
d.        Event KeyDown, KeyPress dan KeyUp
Event-event ini terjadi saat user menekan tombol keyboard dan lalu melepaskannya. Urutan Event ini adalah KeyDown yaitu saat user menekan tombol keyboard, setelah itu KeyPress yaitu pada saat Program menerjemahkan nilai tombol keyboard yang di tekan dengan kode ANSI, lalu terakhir adalah keyUp yaitu saat user melepaskan tombol KeyBoard.
Event KeyDown dan KeyUp memiliki dua buah Parameter yaitu keyCode dan Shift. KeyCode digunakan untuk memberikan nilai tombol yang ditekan, sedangkan shift menunjukan keadaan tombol Ctrl, Shift dan alt.



III.       METODOLOGI
A.    Alat dan Bahan
Alat dan bahan yang digunakan dalam praktikum ini adalah :
1.      Laptop/komputer
2.      Aplikasi Visual Basic 6.0
B.     Prosedur Kerja
Langkah-langkah yang dilakukan dalam praktikum ini adalah :
1.      Membuka aplikasi Microsoft Visual Basic 6.0.
2.      Membuat user interfance (UI) pada jendela form menggunakan komponen ListBox, ComboBox, dan CommandButton dengan tampilan seperti ini :
Gambar 2. Tampilan user interface
3.      Mengatur property dari masing-masing object dengan rincian sebagai berikut :
Object
Property
Value
Form1
Caption
StartUpPosition
Method Test
2 - CenterScreen
List1
-
-
Combo1
-
-
Command1
Caption
Add
Command2
Caption
Delete
Command3
Caption
Clear

4.      Menulis kode program pada bagian Code Editor sebagai berikut :
Private Sub Form_Load()
   Combo1.AddItem "Umar"
   Combo1.AddItem "Salman"
   Combo1.AddItem "Halimah"
   Combo1.AddItem "Shafira"
End Sub

Private Sub Command1_Click()
   List1.AddItem Combo1.Text
End Sub

Private Sub Command2_Click()
   List1.RemoveItem List1.ListIndex
End Sub

Private Sub Command3_Click()
   List1.Clear
End Sub
5.      Menjalankan program sebagai berikut :
·         Untuk menambah isi ListBox : pilih “Umar” di dalam ComboBox kemudian klik tombol Add. Mengulangi nama-nama yang lain secara acak.
·         Untuk menghapus salah satu isi ListBox : pilih “Shafira” di dalam ListBox kemudian klik tombol Delete.
·         Untuk menghapus semua isi ListBox : klik tombol Clear.








IV. HASIL DAN PEMBAHASAN
A.    Hasil
Gambar 3. Add item

Gambar 4. Remove item

Gambar 5. Clear item















Gambar 6. Command Box




B.         Pembahasan     
Dalam membuat program Visual Basic, menggambar tampilan merupakan suatu hal yang perlu untuk diketahui. Untuk dapat menggambar tampilan diperlukan  pengetahuan tentang penggunaan komponen-komponen. Setiap komponen yang ada pada Visual Basic memiliki property.
Property adalah sifat dari sebuah komponen. Property untuk setiap komponen  akan berbeda dengan komponen jenis lainnya. Walaupun ada beberapa property yang sama. Tidak semua property akan digunakan, hanya property yang dibutuhkan saja. Cara untuk merubah property sebuah komponen adalah dengan memilih komponen yang akan dirubah  pada form, kemudian pilih property yang akan dirubah pada window property dan kemudian merubah isi dari property tersebut. Cara kedua untuk merubah property adalah dengan menggunakan perintah Visual  Basic, pada bagian windows Code. Caranya pilih event tempat program, kemudian tuliskan nama objek (komponen) diikuti ".", dan nama propertinya.
Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang bersifat event-driven. Maksudnya perintah (statement program) akan dijalankan sesuai dengan event yang terjadi. Setiap komponen memiliki event yang jumlahnya tidak sedikit, dan mungkin berbeda-beda.
Pada praktikum kali ini, komponen yang digunakan adalah Label, Text Box, dan Command Button. Untuk memasukkan komponen, (atau lebih tepatnya menggambar form dengan komponen) dapat dilakukan dengan 2 cara : klik dua kali pada komponen di windows toolbox, atau dengan satu klik kemudian  menggambar pada form. Tampilan User yang diperoleh adalah sebagai berikut ini:
Pengaturan property setiap objectnya adalah sebagai berikut :
Object
Properties
Value
Form2
Caption StartUpPosition
Method Test 2 – CenterScreen
List1
-
-
Combo1
-
-
Command1
Caption
Add
Command2
Caption
Delete
Command3
Caption
Clear

Kode program yang digunakan dalam praktikum kali ini adalah sebagai berikut :
       Private Sub Form_Load()
       Combo1.AddItem “Umar”
       Combo1.AddItem “Salman”
       Combo1.AddItem “Halimah”
       Combo1.AddItem “Shafira”
End Sub

Private Sub Command1_Click()
       List1.AddItem Combo1.Text
End Sub

Private Sub Command2_Click()
       List1.RemoveItem List1.ListIndex
End Sub

Private Sub Command3_Click()
       List1.Clear
End Sub
Kode-kode program tersebut memiliki arti dan fungsi tertentu, yang diantaranya adalah sebagai berikut ini :
1.    Private Sub Form_Load()
     Artinya, pada saat Command1 di klik, maka kode program yang ada di Command1 akan dikerjakan.
2.    Combo1.AddItem “Umar”
     Artinya, “Umar” adalah argument sebagai isi yang akan ditambahkan ke dalam object Combo1.
3.    Combo1.AddItem “Salman”
Artinya, Salman” adalah argument sebagai isi yang akan ditambahkan
ke dalam object Combo1.
4.    Combo1.AddItem “Halimah”
     Artinya, Halimah” adalah argument sebagai isi yang akan ditambahkan ke dalam object Combo1.
5.    Combo1.AddItem “Shafira”
          Artinya, Shafira” adalah argument sebagai isi yang akan ditambahkan
ke dalam object Combo1.
6.    End Sub
     Artinya, menutup program
7.    Private Sub Command1_Click()
                   Arrtinya, pengguna (user) mengklik tombol Add (object command1)
8.    List1.AddItem Combo1.Text
          Artinya, property text dari object Combo1 adalah argument
sebagai isi yang akan ditambahkan ke dalam object List1
sesuai object Combo1 yang sudah dipilih.
9.    End Sub
     Artinya, mengakhiri program.
10.  Private Sub Command2_Click()
                 Artinya, pengguna (user) mengklik tombol delete (object Command2).
11.  List1.RemoveItem List1.ListIndex
          Artinya, property ListIndex dari object List1 adalah argument
sebagai nomor index isi yang akan dihapus.
Clear – method ini akan menghapus semua isi (tidak membutuhkan argument).
12.  End Sub
Artinya, mengakhiri program.
13. Private Sub Command3_Click()
            Artinya, pengguna (user) mengklik tombol clear (Object Command3).
14.  List1.Clear
     Artinya, isi object List1 akan dihapus.
15.  End Sub
                 Artinya, mengakhiri program.
            Jadi dapat dijelaskan bahwa maksud dari kode program yang digunakan dalam praktikum ini adalah :
Private Sub Form_Load()
Combo1.AddItem "Umar"
Combo1.AddItem "Salman"
Combo1.AddItem "Halimah"
Combo1.AddItem "Shafira"
End Sub
Maksud dari kode program di atas adalah  pada Combo1 terdapat item-item Umar, Salman, Halimah, dan Shafira seperti yang terlihat pada gambar 7.
Gambar 7. Combo1
Kode program yang terdapat pada Command1 adalah sebagai berikut :
Private Sub Command1_Click()
List1.AddItem Combo1.Text
End Sub
Maksud dari kode program di atas adalah  item tertentu dari Combo1 akan muncul pada List1 jika tombol Command1 (ADD) diklik. Misalkan dipilih Umar pada Combo1, maka pada List1 juga akan muncul kata Umar  jika tombol ADD (Command1) diklik. Kode program ini dijelaskan pada gambar 7 dan 8.

Gambar 8. Memilih salah satu item pada Combo1
Gambar 9. Item pada Combo1 muncul pada List1 setelah tombol Add (Command1) diklik

Kode program List1.RemoveItem List1.ListIndex adalah kode program yang apabila dijalankan salah satu item yang dipilih pada List1 akan teremove (terhapus).  Misalkan dipilih kata shafira, kemudian klik tombol DELETE maka kata Shafira akan terhapus dari List1. Kode program ini dijelaskan pada gambar 9 dan 10.
Gambar 10. Memilih item yang akan dihapus

Gambar 11. Nama Shafira terhapus dari ListBox
Maksud dari kode program List1.Clear adalah apabila kode program ini dijalankan maka seluruh isi dari List1 akan terhapus. Misalkan terdapat kata Umar, Slaman, dan Halimah. Semua kata tersebut akan hilang saat tombol CLEAR diklik. Kode program ini dijelaskan pada gambar 11 dan 12.
Gambar 12. List1 memiliki 3 item

Gambar 13. Semua item terhapus saat tombol CLEAR (Command3) diklik

            Pada tombol Add pada Command1, agar  operasi tidak single click, tetapi double click maka yang dilakukan adalah mengganti kode program menjadi seperti berikut ini :
Private Sub Command1_Click()
List1.AddItem Combo1.Text
End Sub
Diganti menjadi :
Private Sub Command1_DblClick()
List1.AddItem Combo1.Text
End Sub
Seperti gambar dibawah ini











Kode program tersebut membuat tombol command dapat melaksanakan perintah bila kita mengkliknya dua kali.
            Dengan memasukkan kode program diatas, maka diperoleh hasil seperti berikut ini :


















V.    SIMPULAN DAN SARAN
A.    Simpulan
Adapun simpulan praktikum kali ini adalah :
1.      Kode program
Combo1.AddItem "Umar"
      Combo1.AddItem "Salman"
      Combo1.AddItem "Halimah"
Mempunyai maksud bahwa item yang terdapat pada Combo1 adalah kata Umar, Salman, Halimah, dan Shafira.
2.      Kode program List1.Additem Combo1.Text mempunyai maksud List1 akan ditambah item yang terdapat pada Combo1.
3.      Kode program List1.Removeitem List1.Listindex mempunyai maksud bahwa suatu item yang dipilih pada List1 akan terhapus.
4.      Kode program List1.Clear mempunyai maksud isi dari List1 akan terhapus semua.
5.      Agar operasi kode program menjadi double click maka harus merubah event dan propertinya.
6.      Event dan properti dapat digunakan untuk bermacam-macam aplikasi.

B.     Saran
1.      Peralatan  praktikum yang tersedia sebaiknya lebih banyak lagi, sehingga kegiatan praktikum dapat dilakukan oleh semua praktikan.
2.      Pengkondisian dari asisten kepada praktikan ditingkatkan agar praktikum selesai  tepat pada waktunya.



DAFTAR PUSTAKA
Hartoto. 2010. Dasar Pemahaman VB 6. http://www.ripiu.com/article/read/dasar-pemahaman-vb6 (diakses 12 Oktober 2011).
Octovhiana, K.D. 2003. Cepat Mahir Visual Basic 6. http://ilmukomputer.org/2008/11/25/cepat-mahir-visual-basic-6/ (diakses 12 Oktober 2011).
Ramadhan, Arief. 2004. Seri Penuntun Praktis Microsoft Visual Basic 6.0. PT Elex Media Komputindo : Jakarta.
Setyadi. 2008. Mengenal Visual Basic. http://oke.or.id.
Supardi, Y. 2006. Microsoft Visual Basic 6.0 untuk Segala Tingkat. PT Elex Media Komputindo : Jakarta.
Sutedjo, B dan AN, Michael. 1997. Algoritma & Teknik Pemrograman. Andi : Yogyakarta.
Tim Penyusun. 2011. Panduan Praktikum Pemrograman Komputer. Program Studi Teknik Pertanian Jurusan Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian Unsoed : Purwokerto.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar